4 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ayyub

 

4 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ayyub
4 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ayyub

AlQuranPedia.Org – Nabi Ayyub ‘alaihissalaam adalah di antara Nabi yang telah diutus oleh Allah ‘Azza Wa Jalla. Tidak banyak yang dikisahkan Allah Tabaraka Wa Ta’ala mengenai Nabi Ayyub ‘alaihissalaam di dalam Al-Quran. Sebanyak 4 kali nama Nabi Ayyub disebutkan di dalam Al-Quran. Kisah yang ma’ruf dan masyhur di dalam Al-Quran mengenai Nabi Ayyub adalah kisah beliau diuji dengan sakit beliau. Dan di antara doa Nabi Ayyub yang masyhur dan bagus untuk dibaca bagi orang sakit adalah,

 

اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

 

Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 83)

 

(Baca Juga : 7 Hadits Tentang Ya'juj dan Ma'juj)


Keteladanan beliau dalam menghadapi ujian dan cobaan sakit sangat patut dijadikan sebagai suri teladan bagi siapa saja yang tertimpa penyakit. Kesabaran beliau, tawakkal beliau, perilaku beliau sangat bagus ditiru oleh siapa saja orang yang mengaku beriman.

 

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan Nabi Ayyub ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya berikut ini.

 

1

 اِنَّآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ كَمَآ اَوْحَيْنَآ اِلٰى نُوْحٍ وَّالنَّبِيّٖنَ مِنْۢ بَعْدِهٖۚ وَاَوْحَيْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَعِيْسٰى وَاَيُّوْبَ وَيُوْنُسَ وَهٰرُوْنَ وَسُلَيْمٰنَ ۚوَاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. An-Nisaa’ : 163)

 

Pada ayat di atas disebutkan para nabi dan rasul utusan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Di antaranya adalah Nabiyullah Ayyub ‘alaihissalaam.

 

2

وَوَهَبْنَا لَهٗٓ اِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَۗ كُلًّا هَدَيْنَا وَنُوْحًا هَدَيْنَا مِنْ قَبْلُ وَمِنْ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ وَاَيُّوْبَ وَيُوْسُفَ وَمُوْسٰى وَهٰرُوْنَ ۗوَكَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ

Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya’qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-An’aam : 84)

 

Pada ayat di atas dijelaskan bahwa Nabi Ayyub itu termasuk ke dalam keturunan para nabi juga dan disebutkan bersamaan para nabi dan rasul lainnya.


(Baca Juga : 20 Ayat Al-Quran Tentang Arsitektur)


3

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang." (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 83)

 

Pada ayat di atas disebutkan bahwa ketika Nabi Ayyub ‘alaihissalaam berdoa kepada Allah dikala sakitnya. Kita bisa lihat bahwa beliau tidak meminta “ya Allah sembuhkanlah aku”, akan tetapi beliau justru memuji Allah. Sebagian ahli ilmu berpendapat hal itu dikarenakan malunya Nabi Ayyub ‘alaihissalaam ketika mengeluh kepada Allah Jalla Wa ‘Alaa.

 

4

وَاذْكُرْ عَبْدَنَآ اَيُّوْبَۘ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الشَّيْطٰنُ بِنُصْبٍ وَّعَذَابٍ

Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhannya: "Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan." (Q.S. Shaad : 41)

 

Pada ayat di atas disebutkan juga bahwa ketika Nabi Ayyub sakit maka beliau menyeru Allah seraya mengatakan bahwa beliau telah diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan.

 

Itulah berbagai ayat Al-Quranul Karim yang membicarakan dan menyebutkan tentang Nabi Ayyub ‘alaihissalaam. Semoga tulisan singkat ini menambah pengetahuan dan khazanah ilmu kita seputar kisah para nabi ‘alaihimussalaam.

 

(Baca Juga : 12 Ayat Al-Quran Teentang Anggur)


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada malam 10 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon